Navigasi

Tentang Pribadi untuk Semua

 

Banner blog Meli



Bila ada blog yang ingin saya buat, maka saya akan memilih niche yang sangat dekat dengan saya. Dengan begitu, di kemudian hari saya akan lebih mudah menuliskan isi blog tersebut. Hobi dan kesenangan saya akan saya tuangkan dalam niche lifestyle.


Blog saya ini akan berisi tentang apa pun yang menjadi pemikiran, perasaan, keinginan, atau pergulatan batin saya terhadap kehidupan yang saya jalani. Semua hal yang menyenangkan atau tidak menyenangkan bagi saya pribadi akan sangat mudah tertulis dalam blog ini bila saya memilih niche lifestyle.


Judul Blog

Wah, pengennya blog dengan niche lifestyle ini di beri judul apa ya? Ah, judulnya mungkin Melianaaryuni's journal. 


Jadi, sesuai judulnya, isi blog ini secara keseluruhan adalah kisah di balik perjalanan kehidupan yang saya alami. Seperti suka-duka saya dalam menjalani hidup akan tertuang dalam blog ini.


Tagline

"Resapi setiap perjalanan untuk mendapatkan hikmah yang tak terbayangkan." Sebagai pemilik blog, saya ingin sekali mengajak diri saya dan orang lain untuk sama-sama membaca kisah di dalamnya. Selain itu, saya ingin kita meresapi bahwa dalam setiap perjalanan kehidupan ini selalu ada hikmah yang tersirat atau tersurat darinya.


Meta Deskripsi

Blog ini berisi tentang kejadian/ kegiatan yang membuat saya bertumbuh dan berproses menjadi hamba-Nya yang lebih baik lagi. Sesuai dengan tujuan blog ini dibuat, seperti itu juga deskripsi untuk blog saya.


Logo

Logo blog


Saya memberikan logo dengan inisial judul blog saya, yaitu MJ Melianaaryuni's Journal. Inisial huruf itu saya buat dengan tujuan agar pembaca bisa langsung fokus pada isi blog saya. Warna hitam dan putih mengartikan bahwa blog ini berisi tidak hanya hal yang menyenangkan saja, tetapi ada juga yang membuat sedih. Namun, pasti ada bagian 'putih' yang membuat peristiwa menyedihkan itu menjadi berarti.


Header Image

Header Image berisi clue yang ada di dalam tulisan saya seperti tulisan tentang alam, hewan peliharaan yang disukai anak-anak, buku, dan tanaman favorit saya. 


Label/Kategori

Dalam blog ini ada beberapa kategori yang akan saya buat, yaitu kategori literasi, hobi, pendidikan, isi hati, hikmah, kisah hidup, dan lain sebagainya. Kategori literasi ini akan saya isi dengan semua kegiatan menulis, termasuk lomba. Kategori hobi akan saya isi dengan kisah saya berkebun dan menjaga lingkungan juga kisah bersama hewan peliharaan. 


Saya juga akan menambahkan review atau ulasan buku yang telah saya baca sehingga bisa menyebarkan kebaikan dari isi buku itu. Kategori lainnya adalah hikmah dari keseharian dan dikaitkan dengan nilai keagamaan. Ini sebagai pengingat diri bahwa ilmu akhirat harus digali dengan membaca.


Portofolio

Saya suka sekali menulis sehingga impian saya pun terwujud di tahun 2020, yaitu membuat buku solo. Buku yang diterbitkan gratis itu adalah novel perdana saya. Selain itu, ada beberapa kegiatan yang saya ikuti, seperti ikut dalam berkompetisi menulis di beberapa media online Fimela, Retizen Republika, Kompasiana, Suara.com. Alhamdulillah kegiatan saya itu mendapat apresiasi dari media. 


Prestasi saya masih seujung kuku sehingga saya harus terus belajar. Saat ini pun saya akan belajar memperbaiki kualitas diri. Lebih dari itu, bagi saya, suatu kebanggaan bila tulisan saya bisa dibaca dan bermanfaat oleh banyak orang. Jika pun berhasil menaklukan sebuah perlombaan, itu adalah bonus dari Allah swt.


Bagi saya bonus itu adalah salah satu penyemangat saya dalam menyebarkan tulisan. Saya yakin bahwa usaha yang optimal dalam setiap kegiatan yang kita lakukan akan membuahkan hasil yang baik meskipun 'baik' itu hanya dirasakan oleh hati sendiri.


Domain

Memilih domain itu tidak segampang makan roti yang sudah dikasih isian, tinggal hap gitu. Ada dua domain yang sejak dulu saya pelajari, tapi sampai sekarang belum ada yang keturutan. Semoga saja setelah mendapat ilmu di kelas ini, saya sudah memiliki domain yang tepat. 


Memilih itu berat, Temans. Lebih berat dari pada memilih tidur atau makan dalam keadaan kelaparan. Memilih blog itu pun harus punya ilmu. Dengan minimnya pengetahuan saya tentang blog dan jika harus memilih, saya sebenarnya ingin memilih domain melianaaryuni.id.


Setelah saya lihat, memang dot (id) ini cakupannya tidak seluas dot (com), tetapi tingkat keamanannya memang baik. Selain itu, saya ingin memilih dot (com) karena tulisan saya pasti bisa menjangkau masyarakat luas (mendunia). Lalu, mana yang akan saya pilih. Ehm, melianaaryuni.com aja ah.


Template Impian (Desain dan Warna)

Desain dan template impian blog saya adalah yang sederhana saja karena saya suka tampilan yang simple. Tentu saja warna yang digunakan adalah warna-warna kalem. Bukan orang aja ya yang kalem, warna pun bolehlah kalem alias warna pastel. 


Saya pikir warna-warna seperti itu sangat bersahabat untuk orang yang bermata minus seperti saya. Bila ada blog yang memiliki tampilan dengan warna yang nge-jreng malah akan membuat saya malas untuk berkunjung kembali

JNE di Hati, JNE Dinanti

  Bermain balok "Senang banget Ummi melihat kalian seperti ini, bekerja dan bermain bersama dengan penuh canda tawa. Rumah jadi tenang,...