Navigasi

Pemikiran Orang Muda Indonesia Terhadap Perubahan Iklim di Hari Blogger Nasional

 


Sebagai orang muda Indonesia, saya sangat tertarik dengan berbagai isu perubahan iklim yang sudah menjadi isu dunia ini. Berbagai dampak akibat perubahan iklim pun saya rasakan saat ini. Betapa dampak perubahan iklim begitu terasa beberapa tahun belakangan.


Saya pikir isu perubahan iklim ini bukan hanya menjadi pemikiran pemerintah, lembaga swadaya lingkungan saja bahkan sudah masuk dalam pembahasan tingkat dunia. Ini adalah masalah serius yang harus didukung oleh berbagai pihak dan berbagai usia, seperti orang muda Indonesia. 

Blogspedia Coaching; Ngeblog dari Dasar Tanpa Menyesal

Logo Blogspedia



Sejak bulan Juli 2023 Blogspedia Coaching dimulai. Dari sejak awal sampai hari ini hanya 31 orang yang masih bertahan. Masya Allah saya termasuk dari orang-orang yang beruntung itu. Eh, teman-teman tahu kan apa itu Blogspedia Coaching?    

Blogspedia Coaching adalah kelas belajar ngeblog gratis yang disponsori oleh Blogspedia. Blogspedia ini diketuai oleh mbak
Marita Ningtyas
.Blogspedia ini memiliki jasa pembuatan toko online murah meriah, jasa install template blog personal, dan jasa penulisan artikel (paket hemat) Nah, seperti namanya, Blogspedia ini mengajak teman-teman pemula atau yang masih ragu untuk belajar ngeblog atau mengutak-atik blognya agar menjadi blogger pemula

Menghapal Surat Pendek dan Artinya untuk Anak

 

Menghafal Al Quran dan artinya

Menghafal adalah suatu kegiatan yang memerlukan daya ingat. Dalam menghafal pun ada proses di mana kecerdasan seseorang digunakan. Seorang dengan kecerdasan visual akan sangat mudah menghafal bila diiringi dengan gambar-gambar.

Membentuk Anak yang Berkarakter dari Rumah

Membentuk Karakter Anak


Manusia hidup di dunia ini dilengkapi oleh karakter yang berbeda-beda. Karakter ini tampak ketika seseorang berinteraksi dengan orang lain. Ada orang yang suka mengatur dan tidak mau diatur. Ada yang selalu memakai perasaan saat berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang lain. Ada juga orang yang kebanyakan diam atau berpikir daripada bertindak. Kata ahli psikologi, karakter yang akan membentuk seseorang menjadi seorang sanguinis, kholeris, plegmatis, atau melankolis. Nah, kalian termasuk yang mana nih?


Penamaan untuk kepribadian itu tidak selalu tepat. Kadang, secara bersamaan satu orang memiliki ciri dari sanguinis dan plegmatis loh. Semuanya tak salah. Kepribadian yang berdasarkan karakter itu pun tidak selamanya diartikan secara tepat. Itu karena keterbatasan ilmu yang  manusia miliki. 


Samakah Karakter atau Sifat Itu? 

Sifat dan karakter dianggap sama padahal secara definisi saja keduanya sudah berbeda. Apa sih perbedaan antara karakter dan sifat?

Optimalkah Bantuan Pemerintah dengan Melihat NIK?

NIK identitas diri


NIK. Ketika membaca singkatan tersebut, apa yang kita ingat? Deretan angka tersebut terlihat di bagian atas Kartu Keluarga (KK) atau kartu Tanda Penduduk (KTP). 


Siapa saja yang sudah berusia 17 tahun, maka bisa langsung mengajukan NIK. NIK inilah yang akan membuat seseorang bisa mengakses beberapa hal, termasuk dalam menggunakan fasilitas digital, seperti aplikasi bank atau e-commerce.

Ammar bin Yasir, Si Penghuni Surga

Penghuni Surga Ammar


Identitas Buku

Judul: Karakteristik Perihidup 60  Sahabat Rosulullah

Penulis:Khalid Muhammad Khalid

Penerbit: Diponegoro, Bandung

Jumlah Halaman: 704 halaman


Seorang pemuda yang lahir dari wanita mulia, yang telah merelakan nyawanya demi kebenaran telah Allah swt. selamatkan. Ammar bin Yasir menjadi contoh dan teladan bagi kita bahwa keimanan itu haruslah dijaga. Yang teguh dengan kebenaran ini lahir dari rahim seorang syahidah, Sumayyah dan Yasir.

Kisah Pemimpinnya Ulama, Muadz bin Jabbal

Pemimpin ulama: Muadz bin Jabbal


Begitu mendengar nama Muadz bin Jabbal. Saya langsung teringat bahwa rosulullah saw telah menjamin 10 orang sahabat yang dijamin surga Allah. Salah satunya adalah Muadz bin Jabbal. Pantas saja bila beliau ditempatkan sebagai sahabat yang dijamin surga oleh nabi Muhammad saw.


Beberapa hari yang lalu, seperti rutinitas harian saya dan anak-anak adalah membaca buku. Buku yang berjudul Karakteristik Perihidup 60 Sahabat Rosulullah ini belum pernah tertuntaskan. Entah saya yang membaca sendiri atau bersama anak-anak.

Membuat Rencana Isi Blog dan Manfaatnya

 

Rencanakan isi blogmu

Di awal pembuatan blog ini, saya mempunyai rencana isi bahwa blog ini akan saya isi dengan materi perkuliahan atau lebih tepatnya pembahasan tentang suatu ilmu yang saya pelajari. Namun, seiring perjalanan waktu, konsistensi memang sangat dibutuhkan dan keteguhan hati harus menyertai. Untuk hal yang terakhir ini, saya mengalami kesulitan.


Rencana Isi

Rencana isi yang seharusnya saya buat itu ingin sekali saya terapkan paling tidak seminggu sekali. Saya pikir itu sudah cukup baik dibanding tidak sama sekali. Iya, kan? Namun rencana, ya tetap rencana. Penerapannya akhirnya hanyalah rencana belaka.

Belajar Live Interaktif yang Asyik Ala Sinotif

Sinotif: belajar live interaktif


Bagaimana nih ada yang pernah dengar belajar live interaktif enggak? Aduh, bikin penasaran enggak sih dengan kata 'belajar live interaktif'? Pasti dong, ya! Eit, sebelum kita bahas nih, kita bahas dulu belajar itu apa sih.

Oreo Wafer Bekal Bertualang Kami yang Asyik

Kolaborasi Oreo wafer dan petualangan sherina 2


Mana nih bu-ibu yang suka sekali beliin anaknya Oreo wafer? Hihihi ... saya unjuk jari dong. Eh, kalau ibu-ibu sendiri suka enggak sih makan Oreo wafer ini? Pasti suka dong, ya. Coklatnya tuh, ehmm ... endul banget. 


Sebagai seorang ibu dari putri dan putra kita pasti senang kalau kehidupan anak-anak selalu diiringi tawa dan cerita. Meskipun antara satu anak dengan anak yang lain sering  berantem. It's oke lah, ya. Selagi mereka menyadari kesalahan yang dilakukan dan saling memaafkan, saya sih enggak begitu mempermasalahkannya. 

Penting, Enggak Pentingnya Sebuah Branding Diri

Membangun personal branding


Branding diri sendiri menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang. Ketika seaeorang berhadapan dengan orang lain, dia pasti memiliki keminatan akan sesuatu. Minat ini akan membuat orang itu melakukan hal tersebut secara kontinyu.


Bagi saya seorang ibu rumah tangga tidak pernah memikirkan branding diri seperti apa. Namun, minat saya pada beberapa hal menjadikan saya mengikuti beberapa kegiatan. Sebut saja menulis. Minat menulis yang menjadi kesenangan saya ini dapat dituangkan dalam blog saya bahkan dalam kegiatan menulis buku antologi atau solo. Eh, semua itu saya lakukan karena rasa senang yang saya miliki dalam berkegiatan.

Keunggulan ASUS S500MC yang Bikin Jatuh Hati

 

PC ASUS S500MC

PC desktop bukan perangkat yang baru saja muncul. Di tahun 1997 saya sudah mengenal PC desktop. Ayah saya menggunakan PC desktop untuk mengerjakan pekerjaannya. Saya pun mulai mengenal PC desktop.

Oh, iya, saat itu baru sedikit sekali keluarga yang memiliki PC desktop. Komputer dianggap barang mewah. Namun, sekolah saya memiliki pelajaran komputer. Saat itulah saya mengenal komputer.

Meningkatkan Derajat Literasi Seperti Makan Nasi

 

Banyaknya manfaat literasi

Bagi saya, mengikuti dan berproses di dunia literasi itu bagai makan nasi loh. Apalagi zaman digital sekarang ini, literasi seperti makanan pokok yang dikonsumsi 3x sehari. Berbagai lauk pauk dan sayur-mayurnya pun tersedia di sana. Kita tinggal hup-hup-hup.


Tanggal 18 September 2023 saya mengikuti pelatihan online, yang salah satu materinya tentang  literasi. Alhamdulillah, bertambah wawasan saya tentang pendidikan ini, bukan hanya literasi saya. Bahkan pemahaman saya tentang literasi dan seluk beluknya pun berubah. Loh, kok bisa? Eh, bukankah literasi itu berhubungan dengan kegiatan membaca dan menulis, ya?


Dalam materi itu, literasi diartikan sebagai kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Nah, sampai di sini menurut kalian adakah perbedaan pengertian literasi setelah saya mengatakan artinya tadi? Yang jelas, saya  baru menyadari bahwa literasi itu mengandung makna lebih  luas dari kemampuan menulis dan membaca.

Pengabdian drh. Fahri untuk Hewan Ternak dan Peliharaan Indonesia

Drh. Fahri Putranda (dokpri drh. Fahri)


Saya tertarik mengulas profil seorang peraih Apresiasi SIA Astra 2021 di bidang kesehatan ini, yaitu bapak Fahri Putranda. Alasannya sederhana karena beliau tinggal di pulau yang sama dan daerah yang dekat dengan tempat tinggal saya. Saya sebagai warga Sumatera Selatan merasa bangga bahwa ada juga orang  yang berkontribusi positif bagi daerahnya di kancah nasional.


Sebuah Pengabdian Yang Hakiki

Jln. Pekik Nyaring Desa Sidorahayu, Kecamatan Plakat Tinggi, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan adalah tempat pengabdian drh. Fahri Putranda sejak 2015 yang lalu. Beliau yang berdarah Aceh ini harus memberikan ilmu yang dimiliki untuk membantu warga di sekitar.

JNE di Hati, JNE Dinanti

  Bermain balok "Senang banget Ummi melihat kalian seperti ini, bekerja dan bermain bersama dengan penuh canda tawa. Rumah jadi tenang,...