Navigasi

Mulai Menulis dari Membaca, Rekomendasi Belanja Buku di Sini

Toko buku offline



Hai, Temans, suka belanja buku apa nih? Tentang belanja buku ini, ternyata salah satu alasan kita membeli buku adalah karena tertarik dari copy writingnya buku itu. 


Hari ini kita belajar copy writing yuk. Copy writing? Copy writing itu jenis kopi pahit atau sudah dicampur sih? Hihihi. Bagi saya copy writing itu adalah jenis kopi pahit yang manis dengan aroma rasa yang kuat. Heleh, iya kah? Ho oh, sebab sebagaimana kopi yang menjadi candu dan mengandung daya tarik, copy writing ini pun bisa menjadi daya tarik pembaca untuk membeli atau melakukan hal yang diinginkan oleh seorang copy writer.


Meskipun baru mengenal jenis kopi ini, saya amat tertarik mempelajarinya. Saya pikir keterampilan menulis ini pun merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang penulis. Bisa saja dong kita memperkenalkan brand yang kita miliki atau menshare tulisan kita dengan metode copy writing toh. 


Strategi copy writing sudah bukan hal yang aneh di dunia literasi. Setiap perusahaan besar dipastikan memiliki seorang copy writer. Jadi, amat sangat disayangkan bila kita tidak mau belajar tentang copy writing.


Menulis dan Membaca

Baiklah, masih berkenaan dengan tulis-menulis, saya termasuk orang yang menyukai membaca. Kata orang sih, dua keterampilan ini harusnya dimiliki secara bersamaan. Seorang yang suka menulis, biasanya dia termasuk orang yang suka membaca. Setuju?


Bicara soal membaca, kebiasaan saya ini dimulai sejak SD dan itu dimulai dari mendengar cerita dari kakek. Seiiring waktu saya menyukai jenis bacaan sendiri hingga saya pun merelakan uang saku untuk membeli buku incaran.


Hingga kini kebiasaan itu masih saya lakukan dan saya tularkan kepada anak-anak saya. Alhamdulillah mereka sudah menyukai aktivitas membaca. Bahkan saat ini mereka sedang membuat cerita. Meskipun ceritanya hanya berupa dialog singkat, saya sudah senang mereka sudah bisa menuangkan ide dari kepala ke dalam sebuah tulisan.


Belanja Buku

Nah, tahukah Temans dulu semasa single tuh saya belum mencari buku untuk anak. Ada sih buku anak yang saya beli, itu karena ponakan saya suka mendengarkan cerita. Jadi, dibeli deh buku Teladan Nabi. 


Sejak anak pertama saya berusia 1 tahunan, mulailah saya mencari buku di pasar. Dulu tuh ada buku cerita yang biligual dengan tema fabel atau cerita rakyat. Nah, dari buku itu mulai saya mencari buku anak-anak yang lain. Ternyata, di tempat tinggal saya tidak mudah untuk mendapatkan buku dengan harga murah dan bagus.


Toko Buku Recommended

Setelah mengenal e-commerce Tokopedia, akhirnya saya menemukan toko favorit untuk belanja buku. Aih, ketemu toko buku murah tuh sesuatu banget buat saya. Mau tahu toko apa sih yang sering saya samperin saat dapat uang dari tulisan. Oke, saya kasih toko rekomendasinya, ya.


1. OOTB

Toko buku OOTB murah


Bila Temans ingin mencari buku bacaan baru dengan harga termurah dan diakon gede--pernah dapat harga seribu loh--, kalian bisa mampir ke sini, ya. Kalau saya sih ngefilter dulu harganya dari 'terendah', nanti kelihatan tuh buku dan harganya. Kita tinggal pilih buku kesukaan kita.


Memang sih ada beberapa buku yang saya terima sudah terlihat menguning karena sudah lama banget. Namun, bagi saya tidak masalah, toh isinya yang saya cari. Asyiknya tuh, buku KKPK yang sering saya incar ada di sana dan hanya seharga 5 ribu! Keren banget, kan!


Yang saya suka dari buku ini, penjual akan memberitahukan keadaan buku yang sebenarnya. Jadi, kita enggak kan kecewa deh kalau barang yang diterima seperti itu, kan penjual sudah memberitahukan terlebih dahulu. Jika stok buku setelah dicek ternyata kosong, penjual akan mengirim pesan lewat wa atau chat untuk mengonfirmasikannya sehingga kita enggak nelangsa mendengarnya. 


Tuh, kan betapa recommendednya toko OOTB ini hingga saya ikhlas buat review tokonya. Ya, bagi saya review toko yang memuaskan ini bisa menjadi pilihan Temans jika ingin belanja buku. Duh, penasaran enggak sih dengan buku-buku apa yang ada di sana? Cus deh, samperin tokonya.


2. Intan Book Shop

Toko buku bekas


Sebenarnya toko buku ini tuh enggak sengaja nemunya. Waktu itu saya berpikir untuk mencari buku bekas alias second di Tokopedia. Alhasil, nemulah toko ini. 


Menurut saya, buku bekas tuh tak kalah keren isinya. Kadang, ada pengetahuan baru dari sebuah buku bekas. Jadi, meskipun bekas ilmunya tuh terus digunakan, ya.


Dibandingkan dengan harga buku baru, di toko ini jika ada buku yang serupa, harganya terjangkau banget di kantong. Dari kualitas kertas dan sampul, jangan salah buku-buku bekas ini terawat banget. Mungkin yang punya buku itu telaten banget ngerawat bukunya sehingga bukunya rapi dan terlihat baru.


Di toko ini tuh keinginan saya memiliki kamus Bahasa Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris terwujud. Beberapa buku berbahasa Inggris sengaja saya beli untuk mengenalkan anak-anak bahasa Inggris dan cara membuka kamu. Eh, kayak ketinggalan zaman banget, ya. Padahal google translate ada, ya. Eits, tapi bagi saya kamus tetap hal yang harus dimiliki terlepas ada kuota untuk mengakses google translate.


Di toko Intan Book Shop ini tersedia mulai dari majalah sampai buku referensi, ya. Dah, cek aja, ya.


3. Toko 365 Belanja

Toko buku 365 pop up


Di toko ini tuh saya nemu buku pop up atau lift book dengan harga murah loh. Biasanya buku pop up di beberapa toko di atas 50 ribu. Saat itu saya hanya mengeluarkan uang 12 sampai 20 ribu. Wah, asyik banget kan. 


4. Toko Buku Stasionery

Toko buku stasionery dongeng


Kalau Temans mau cari buku biligual baik teman hewan atau tumbuhan atau cerita nabi dan cerita nusantara, ini deh toko yang bisa Temans kunjungi. Di sini bisa beli satuan juga lusinan. Beli lusinan harganya bisa murah. Saya recomendasikan toko buku stasionery ini untuk kalian, ya.


5. Toko Buku Ya Official

Toko buku Ya Official hadits


Toko buku ini menyediakan buku-buku hadits yang terjemahan atau syarah dengan harga lumayan murah di antara beberapa toko. Selain itu kita bisa memilih jilid mana yang kita inginkan meskipun ada juga yang dijual per paket. Jadi, tergantung kebutuhan dan ketersediaan dana, ya. 


Buat Temans yang pengen mencari buku referensi hadits, di toko inilah tempatnya. Saya rekomendasikan Ya Official karena saya sudah belanja di sana. Enggak percaya, samperin tokonya yuk!


Bukan hanya 5 toko itu saja, ya. Masih ada beberapa toko buku lain yang bisa Temans kunjungi. Saya jamin, kalau temans sangat menyukai buku, ada uang sedikit aja mau deh mampir dan belanja. Namun, kita mesti ingat bahwa ada kebutuhan lain yang harus dituntaskan, bukan hanya buku. Jadi, pilah mana yang penting, lalu putuskan segera sebelum stok kosong.  


14 komentar:

  1. Wah, nambah rekomendasi toko buku nih. Makasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama-sama, Mbak. Selamat berbelanja, Mbak.

      Hapus
  2. Buku seribu perak? Waa MaasyaAllah saya pas juga LG nyari rekomendasi beli buku loak online mbak...balita saya LG doyan banget dibacain buku, buku2 sobek kakaknya sampe dipungutin. Btw di sana ada boardbook Ndak? Mo cari yg second lah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh, Mbak. Saya dapat 2 waktu itu. Saya dapat Book board waktu itu di Toko 365 dan di teman online FB, mbak Liha.

      Hapus
  3. Harganya murah sekali mbak. Terima kasih sharingnya, saya jadi pengin nyobain belanja buku di toko-toko ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh, Mbak. Cus deh ke sana. Cek ... masukan ke keranjang 😁

      Hapus
  4. Wah nambah rekomendasi buku dengan harga murmer nih. Bener juga ya Kak, yang penting isi bukunya tetap bisa dibaca dan bermanfaat meskipun bekas.. Terima kasih informasinya Kak ^^

    BalasHapus
  5. Mantabb rekomendasinya mba . Ada pilihan lain selain gramedia ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Gramedia harganya muahaaal dan agak jauh dan repot kalau mau ke sana. Terima kasih sudah mampir, ya, Mbak

      Hapus
  6. Terima kasih rekomendasinya.. auto ke TKP ini mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ... silakan, Mbak. Borong yuk borong 😁

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berikan pendapatmu disini ya ^^

JNE di Hati, JNE Dinanti

  Bermain balok "Senang banget Ummi melihat kalian seperti ini, bekerja dan bermain bersama dengan penuh canda tawa. Rumah jadi tenang,...