Navigasi

Resume Tesisku

 

RESUME TESIS

Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Siswa Kelas IV SDIT Al Furqon Palembang

Oleh: Meliana Aryuni

 

 

            Materi menulis cerita sebenarnya sudah diperkenalkan dari kelas I. Ini menunjukkan bahwa pelajaran menulis cerita merupakan pelajaran yang penting dikuasai siswa. Dalam kenyataannya, ketika ditugaskan menulis cerita siswa kelas IV Ibnu Umar SDIT Al Furqon Palembang cenderung bermalas-malasan. Nilai menulis cerita siswa cenderung rendah, yaitu di bawah nilai KKM (7). Tulisan yang diperoleh tidak dimengerti dan kurang sistematis. Salah satu penyebabnya adalah pembelajaran menulis cerita dianggap siswa sebagai pembelajaran yang monoton.

            Untuk mengatasi masalah tersebut, dipilihlah alternatif metode pembelajaran menulis cerita, yaitu dengan metode pembelajaran simulasi. Penelitian ini hendak mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa kelas IV SDIT Al Furqon Palembang melalui metode simulasi pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dengan metode simulasi ini dilakukan mulai dari pemunculan gagasan, pengembangan gagasan, penulisan, dan penyajian cerita. Metode ini diharapkan dapat membuat suasana kelas menjadi lebih hidup dan menyenangkan sehingga siswa lebih aktif dan kreatif dalam menulis cerita.

             Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode tindakan kelas dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan mendeskripsikan wawancara guru dengan angket, dan hasil profil penilaian menulis setiap siswa, serta penilaian pada deskriptor observasi tingkah laku yang tampak pada kedua siklus.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam kemampuan menulis cerita dengan menggunakan metode pembelajaran simulasi pada siswa kelas IV SDIT Al Furqon Palembang. Pada siklus I, ketuntasan pembelajaran 39,3% yang menunjukkan peningkatan 17,88% dari hasil pretes, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 78,6%. Ada peningkatan sebanyak 39,3% dari hasil tes siklus I.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berikan pendapatmu disini ya ^^

JNE di Hati, JNE Dinanti

  Bermain balok "Senang banget Ummi melihat kalian seperti ini, bekerja dan bermain bersama dengan penuh canda tawa. Rumah jadi tenang,...