Navigasi

Pengindeksan Artikel Dengan Cepat di Google News

Indexing Dengan Google news


Seperti yang saya katakan di postingan sebelumnya bahwa ada satu cara lagi yang bisa membuat artikel kita mudah terindeks oleh google selain memasukkan url artikel di google search console. Cara lain itu adalah dengan mendaftarkan blog kita ke google news. Seperti apa sih google news itu dan sulit enggak buat ngedaftar blog receh seperti blog saya ini.


Google News

Materi bonus 3 dari Blogspedia coaching 4 ini adalah tentang mempublikasikan blog yang kita miliki ke dalam google news. Ada pun manfaat mendaftarkan blog kita ke google news, yaitu untuk mempercepat proses pengindeksan artikel. Katanya sih indexing lebih cepat dari pada menggunakan inspeksi url di google search console.

Lalu, sulit enggak sih buat ngedaftar ke google news itu? Hehehe ... awalnya sih agak sedikit ribet, ya, tetapi setelah menjalani dan mengikuti setiap step by step dari video tutorial coach Marita, daftarnya tidak terlalu sulit kok. Hanya saja menunggu permintaan kita di review oleh pihak google news itu yang memakan waktu yang tak terbatas. Saya sudah 2 hari menunggu, tapi masih tahap in review. Yo wez, tak tunggu wae.

Oh iya, jika dalam membuat akun di google analytic dan google search console kita akan langsung diarahkan ke situs yang seauai dengan namanya. Maka, dalam membuat akun google news, kita akan menuju tab publishercenter.google.com. Tenang, kita sudah berada di jalan yang benar. Itu baru gerbangnya loh. Sebab, setelah itu kita baru akan masuk kelas Google News.

Ada beberapa hal yang harus kita siapkan saat mau mendaftarkan blog kita ke google news, ya. Apa saja itu? Berikut ini adalah hal yang harus diikuti oleh blogger agar bisa mepublikasikan artikelnya di google news.

Logo blog Meliana Aryuni's journal


  1. Perhatikan email yang digunakan untuk mendaftar adalah email yang sama untuk saat mendaftar google search console.
  2. Kita akan membutuhkan ID tracking saat membuat akun di google analytic. Jadi, kopi kode itu saat menemukan kotak tracking di menu setting ==>general==>tracking (isikan kode dari google analytic tadi).
  3. Setelahnya, di bar content settings, pilih +new section --> feed (kopi site map yang menunjukkan feed yang ada di google search console).
  4. Ternyata, blog yang masih gratisan pun bisa mempublikasikan artikelnya di google news juga loh. Dibagian pengisian feed, isikan seperti ini https://melianaaryuni.wordpress.com/feeds/posts/default?alt=rss
  5. Jangan lupa untuk mengklik simpan (save) setiap langkah yang kita lakukan.
  6. Logo dengan ukuran squre 512x512 dan 200x200 harus disiapkan, ya. Nanti akan diminta untuk menyisipkan logo. Jadi, buatlah logo dengan size seperti di atas, ya.
  7. Setelahnya, akan ada pemberitahuan apa saja yang harus kita review. Di bagian review dan publish, kita klik saja tulisan 'review' dan perbaiki apa yang perlu diperbaiki sampai tidak ada lagi kata 'review' di sana.
  8. Nanti akan muncul bagian section. Pada bagian ini akan muncul semua artikel kita. Bila belum muncul, maka refresh terus sampai artikel-artikel itu terlihat. Jangan lupa untuk nge-save, ya.

Bila tidak ada lagi yang harus di review, maka akan tampil kotak yang bisa kita pilih, yaitu publish. Setelah itu, kita tinggal menunggu pihak google untuk mereview blog kita. Bila masih direview, maka akan muncul status 'in review' dan jika sudah berhasil 'live'. Setiap blog itu berbeda-beda jangka waktu ngereviewnya. Teman saja ada yang 4 harian baru berhasil di review. Saya baru 2 hari menunggu.

Masa menunggu in review


Perhatian, Perhatikan Ini

Saat terakhir ini, teman-teman jangan terlalu dipikirin, ya. Biarkan kita beri waktu buat google ngereview dengan santai. Sabar, itulah kunci utama. Yang penting kita sudah mengikuti step by step dari pemublikasian artikel kita. Kalau memang harus menunggu, maka menunggulah.

Bagaimana teman-teman, mudah bukan melakukan pendaftaran blog di google news? Eh, sebenarnya mudah. Yang perlu kita lakukan adalah teliti. Ikuti tutorial dari coach, lalu terapkan.

Saya awalnya sudah ribet sendiri karena terpikir dengan kesulitan yang akan dihadapi. Kenyataannya, setelah saya lakukan sesuai dengan tutorial dalam video coach Marita, kok langsung pengen praktik dan alhamdulillah meskipun ada debaran yang enggak diinginkan muncul di tengah kegiatan, jemari saya masih saja ikut mengikuti gerakan kata ke arah kursor coach.

Bagi tipe yang visual, melihat video coach akan memudahkan kita untuk mendaftar di google news loh. Sebab, dengan tulisan dan penjelasan yang panjang tanpa praktik rasanya akan sangat sulit untuk berhasil mendaftar.

Beruntunglah bagi teman-teman blogger yang blognya sudah live di google news. Kalian enggak susah lagi untuk menginspeksi artikel agar terindeks oleh google. Nanti, artikel yang terindeks akan tampak di akun google news kita.

Bagian teman-teman yang mendaftarkan blognya di google news, buruan deh daftarin segera blog kalian. Gunakan kesempatan ini untuk mendapatkan banyak pembaca. Lumayan banget kan kalau artikel kalian bisa dibaca puluhan ribu orang?

Tak perlu ragu lagi, ambil langkah cepat! Kata pepatah, lebih cepat, lebih baik. Jika tulisan kita mengandung kebaikan, ah alangkah baiknya jika dibaca oleh banyak orang. Berapa banyak orang yang mengambil manfaat dari tulisan kita?

Seberapa banyak orang mendapatkan manfaat itu, maka kita menjadi orang yang sangat beruntung. Bukan karena cuan yang akhirnya mengalir nantinya, bukan. Kita akan menjadi orang yang beruntung karena telah bermanfaat bagi orang banyak. Bukankah orang yang paling baik adalah orang yang paling banyak manfaatnya?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berikan pendapatmu disini ya ^^

JNE di Hati, JNE Dinanti

  Bermain balok "Senang banget Ummi melihat kalian seperti ini, bekerja dan bermain bersama dengan penuh canda tawa. Rumah jadi tenang,...