Navigasi

Pentingnya Memasukkan Site Map pada Google Search Console

Inspeksi dengan google search console




Dulu di blog saya satunya, selalu saja terbaca google search console ini. Bahkan pemberitahuannya sampai ke email saya. Namun, terus terang saya tidak mengerti apa kegunaannya. Jangankan mengotak-atik, membuka situs itu pun saya tak ingin.


Tugas bonus yang diberikan oleh peserta yang lulus adalah mengaplikasikan google search console pada blog masing-masing. Jika materi bonus yang pertama adalah tentang google analytic, maka materi kedua ini adalah lanjutan pada materi pertama. Ya, keberlanjutan ini pun akan sampai pada materi selanjutnya.


Apa itu Google Search Console

Google search console adalah perangkat yang digunakan oleh pemilik blog untuk mengetahui seberapa banyak artikel yang ada di dalam blognya itu terindeks oleh google. Jika materi bonus pertama kita sudah memasukkan data untuk menganalisis blog kita dalam template, maka kita tinggal mensinkronkannya dengan google search console.


Namun, sebelum itu semua, terlebih dulu kita harus membuat akun. Ya, seperti membuat akun pada beberapa platform, maka beberapa data diperlukan untuk menjalankannya, yaitu id dari data google analytic kita. Setelah itu, ya ikutin saja caranya.

Masalahnya Ada di Site Map

Site map Meliana Aryuni


Dalam perjalanan ini saya menemukan beberapa kendala. Saya mencoba bertanya kepada coach Sugiato sebagai wali kelas saya. Alhamdulillah, saya menemukan jawabannya. Saya baru bisa mengotak-atik google analytic itu di malam hari karena laptop suami baru bisa dipakai saat itu. 


Sebelumnya, saya mencoba menggunakan ponsel, tetapi tampilannya membuat saya bingung dan akhirnya saya berhenti lagi. Saya lebih nyaman dengan laptop untuk mengotak-atik tugas ini. Malam harinya, saya coba kembali dan akhirnya data analytic saya terverifikasi.


Saya katakan kepada coach Ugi bahwa saya akan bertanya kembali kepada beliau jika suatu ketika menemukan  kendala. Ah, saya memang menemukan kendala. Kendala itu bagi orang yang enggak gaptek seperti saya mungkin bukan hal yang 'wah', tetapi bagi saya tuh, oh ... luar biasa. 


Saya pun sudah menyiapkan pertanyaan yang rencananya akan saya tanyakan kepada kang Ugi. Berhubung, hari sudah terlalu larut, akhirnya saya putuskan untuk bertanya pagi harinya dan berusaha sendiri dulu.


Lalu, saya buka kembali materi yang diberikan dalam. Google Classroom. Saya pun membuka video materi google search console dari coach Marita dan youtube kang Ugi. Dalam video itu, sebenarnya sudah sangat lengkap dan simpel banget. Meskipun saya harus menjeda video untuk memastikan step to stepnya benar. Alhamdulillah, google search console saya berhasil.


Oh, ternyata begitu buat submit sitemap. Eh, kenapa enggak dari tadi sih buka videonya. Ya, lihat teman-teman sudah pada posting tulisan dan berhasil, kok saya masih seperti ini saja sih. Akhirnya, saya mencoba untuk memahami sedikit.demi sedikit dari langkah-langkah yang diberikan dalam video tutorial.


Klik lagi dan klik lagi. Oh, iya, saya mencoba untuk mengulangi video. Saya mencoba untuk mengikuti cara coach Marita yang menggunakan domain property. Eh, ternyata iya, kayaknya sih lebih enak dari yang prefix itu. Setelah itu baru memasukkan site map dari blog kita, feed, pages, dan sebagainya. 


Tak plototin loh tuh laptop biar bisa mudeng sama langkah-langkahnya sambil sesekali mengulang video. Untung saja si laptop enggak ngehang gegara diplototin. Ah, kalau laptopnya ngambek bisa gawat ini. Sebab, saya belum mengerjakan 2 tugas lagi.

Menyemangati Diri Sendiri

Semangat, itulah kata yang saya tanamkan di dalam diri. Sadar banget teman-teman lain itu pasti kerjaannya lebih banyak dari saya. Repotnya pasti lebih dong, tapi mereka kok bisa. Berarti saya juga bisa dong!


Dengan sisa tenaga, ya, memang begitulah keadaannya. Saya mencoba mengais semangat yang tersembunyi di dalam diri. Alhamdulillah, semangat itu muncul sedikit ke permukaan.


Ditambah lagi seorang teman sekelas yang menanyakan keadaan saya, mbak Liha. Beliau bertanya apakah saya sudah sehat dan saya jawab alhamdulillah sehat meskipun belum bisa fokus ke tugas bonus. Perhatian kecil ini membuat semangat saya bertambah. Malam nanti saya akan menyelesaikan tugas yang diberikan.


Oh, iya, sebelumnya saya kesulitan untuk menambahkan site map. Lalu, saya langsung saja mencoba langkah selanjutnya. Ternyata, tanpa menambahkan site map pada halaman indeks, maka kita tidak akan bisa lanjut ke step berikutnya. Akhirnya, saya buka kembali video coach Marita dan menemukan petunjuknya di sana.


Adanya perbedaan penggunaan bahasa antara google coach Marita (Inggris) dan saya (Indonesia) sedikit mempengaruhi loh. Karena tidak ingin bingung, saya coba untuk mengubahnya, tapi kok enggak bisa, ya. Aduh! Singkatnya bagi yang kurang mengerti bahasa Inggris bila tutorial coach dalam bahasa Inggris, mending ikutan nyamain, ya. 


Tips Dalam Mengelola Google Search Console

  • Pastikan teman-teman sudah menambahkan site map. Ini penting untuk melanjutkan tahap berikutnya.
  • Perhatikan dengan saksama tahapannya. Adakah yang telah kita melewati?
  • Banyaklah bertanya karena keilmuan kita yang terbatas tentang masalah ini.
  • Tetap tenang jika menghadapi suatu masalah. Jangan panik dengan deadline tugas sebab semakin panik, maka semakin sulit bagi otak untuk memahami sesuatu.
  • Ucapkan syukur bila semua tahapan telah berhasil dilakukan.


Buat teman-teman yang mau mencoba mengindeks atau membuat artikel terindeks di google, google search console ini salah satu caranya. Caranya, kita masukkan saja page url artikel yang akan diindeks dan menunggu hasilnya. 

Indeks artikel dengan google search console


Begitu kita telah melakukan tahapan dalam pengindeksan pada google search console, maka kita akan menemukan beberapa artikel yang terindeks dan yang tidak terindeks. Namun, seperti yang dikatakan oleh coach Marita, jangan terlalu panik bila terdapat pemberitahuan kalau ada artikel kita yang tidak terindeks. 


Nah, jika kita sudah berhasil mengolah google search console ini, maka materi selanjutnya adalah membuat artikel kita terindeks di google tanpa menggunakan google search console. Caranya adalah dengan Google News. Bagaimana cara melakukannya, mari simak di artikel saya selanjutnya, ya. 


Lalu, apa untungnya kita membuat akun di google search console. Ih, perlu dong sebab di sana kita bisa mengetahui performance blog dan artikel kita. 


Ingat, tak ada yang sia-sia dalam belajar. Belajar yang kecil untuk mendapatkan ilmu yang lebih besar atau luas. Setuju?






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berikan pendapatmu disini ya ^^

JNE di Hati, JNE Dinanti

  Bermain balok "Senang banget Ummi melihat kalian seperti ini, bekerja dan bermain bersama dengan penuh canda tawa. Rumah jadi tenang,...