Navigasi

Review Buku 1001 Pengetahuan Unik Tapi Fakta

Cover depan buku


Judul: 1001 Pengetahuan Unik Tapi Fakta

Penulis: Agung Setiawan MK

Penerbit: IN AzNa Books

Jumlah Halaman: 168 halaman

ISBN: 978-979-3194-27-1


Mencari buku bukan hanya mencari hiburan, tetapi juga mencari pengetahuan. Pengetahuan atau wawasan ini banyak sekali kita temukan di buku-buku nonfiksi. Eh, bukan berarti buku fiksi enggak membuat kita tambah wawasan loh, ya. Maksudnya itu, ketika kita membaca buku nonfiksi, pengetahuan umum kita bertambah sedikit karena yang banyak itu adalah lupa hehehe.


Bila Temans menginginkan pengetahuan umum, coba deh baca buku ini. Saya jamin, kalian akan melongo dengan apa yang disajikan oleh Penulis. Saya sendiri pun merasakan hal itu. 


Isi Buku

Sampul belakang buku


Dari judulnya kita akan tahu bahwa buku ini berisi hal-hal yang jelas atau fakta ada di sekitar kita. Namun, fakta tersebut tidak banyak kita ketahui. Seperti ada 10 tempat teraneh di dunia. Ini serius, saya pun baru tahu tentang hal itu.


Penulis sangat piawai dalam meresume pengetahuan dan fakta sehingga secara sederhana tulisan yang dibuatnya mampu dengan mudah dicerna oleh emak-emak seperti saya. Yup, kesan pertama membaca buku ini, sederhana.


Eits, sederhana di sini enggak bermaksud menyepelekan loh. Pada dasarnya, orang sibuk seperti saya (ceilee) inginnya yang praktis dan cepat. Kalau ngasih tahu tuh to the point aja. Nah, buku ini tuh seperti itu. Pertama baca, orang bisa langsung bilang, 'Oh, jadi gitu, ya?' atau 'Ada yang seperti itu, ya?'


Buat Temans yang enggak mau ribet, buku ini bisa jadi solusi agar pengetahuanmu bertambah. Meskipun dicetak tahun 2009, saya yakin banyak di antara kita yang baru tahu dengan fakta yang disajikan dalam buku ini.


Referensi

Referensi guru


Ketika kita membaca buku nonfiksi, kita akan melihat sejauhmana Penulis menyakinkan pembaca pada apa yang ditulisnya. Nah, ini tuh bisa kita lihat dari berapa banyak sih referensi yang digunakan pada saat menulis. Apakah penulisannya hanya bersifat subjektif atau memang sebelumnya ada yang membahasnya.


Bila kita melihat banyaknya referensi atau bahan acuan untuk Penulis mencurahkan tulisannya, saya pikir Penulis memang benar-benar ingin menyajikan yang terbaik dan tidak setengah-setengah atau setengah matang. Nah, meskipun referensi buku ini kebanyakan dari website, tetapi   yakin deh websitenya terpercaya. Enggak percaya, coba aja balik halaman di bagian akhir buku. 😁


Sasaran Pembaca

Bila dilihat dari sasaran pembaca, sebagaimana buku pengetahuan umum, sepertinya buku ini cocok untuk semua usia, ya. Namun, tidak semua bagian bisa dibaca oleh anak-anak seperti Fakta Unik Seputar Seks di hal.48. Saya sendiri melewatkan bagian ini untuk didengarkan oleh anak-anak. Bukan enggak boleh sih, tapi lebih tepatnya belum waktunya.


Karena buku ini diberikan agar kita memiliki pengetahuan umum, maka untuk pembaca anak-anak, sebaiknya persingkat saja. Jika ada kata-kata yang dirasa sulit dicerna oleh pikiran mereka, cepat-cepat deh ganti dengan kata-kata yang mudah. Setelah membaca buku ini, mereka akan sangat mudah mengingat, sedangkan kita orang dewasa yang akan mudah sekali lupa. Jadi, pelan-pelan saja mencerna setiap tulisan daripada mèntal toh? 😁


Harga

Coba tebak berapa sih harga buku ini? 50 ribu? Kemahalan enggak sih untuk buku sebagus ini? Ehm, tergantung juga, tapi kalau untuk ukuran buku baru harganya sekitar 40 ribu kali, ya. Namun, saya hanya membeli dengan harga 5 ribu saya. Hah, 5 ribu? Ya, iyalah, inikan buku bekas atau second. 


Bicara harga, rasanya kurang tepat kalau buku ini dihargai 5 ribu, tapi untuk ukuran kantong emak-emak, wah sangat tepat sekali. Bahkan uang 40 ribu bisa beli 8 buku! Ingat prinsip ini, ya. Harga murah dapat banyak dan bagus! Hehehe.


Cetakan

Dilihat dari sisi cetakan, saya dibandingkan dengan beberapa buku yang dicetak oleh penerbit terkemuka, cetakan buku ini cukup kokoh atau bisa dikatakan bagus banget. Beberapa penerbit, ketika beberapa halaman tertekuk, bagian punggung buku lemnya mudah geser. Nah, cetakan buku ini enggak.


Meskipun buku penerbit besar, IN AzNa Books telah memberikan dan melayani penulis dan pembaca dengan layanan terbaik. Terbukti, cover  buku ini dicetak tebal dan dove. Itu membuat buku ini menjadi elegan di mata saya. Penampilan dari pembaca dan penulis yang berwawasan pun bisa diwakilkan dengan melihat sampul buku ini.


Rekomendasiin Enggak, ya?

Banyak hal yang membuat orang ingin merekomendasikan apa yang dia baca kepada orang lain. Nah, setelah membaca buku ini. Saya akan merekomendasikan buku ini sekaligus memperlihatkan rambu-rambu agar dalam pembacaan buku ini terasa sangat menyenangkan.

  • Cari waktu yang tepat agar otak tidak terlalu terbebani dengan hal baru yang sifatnya fakta ini.
  • Cari hal yang pantas dibaca anak dengan memilah bagian yang 'boleh' untuk usia mereka.
  • Pertanyaan akan muncul saat membaca bersama anak, maka bahaslah sedikit sesuai dengan akal pemikiran mereka.


Bila ketiga rambu itu ditaati, Temans akan lihat hasilnya. Apakah reaksi akan sama seperti anak saya, yaitu mengajak keliling dunia atau hanya bisa ber-O saja. Serunya ketika anak-anak dibacakan buku ini, mereka akan berusaha menabung agar bisa melihat benda atau tempat yang dibacakan tadi.


Begitulah tentang buku 1001 Pengetahuan Unik Tapi Fakta ini. Secara keseluruhan, saya rekomendasikan kepada para orang tua, remaja, dan semua orang di berbagai usia agar bisa membacanya. Membacalah sedikit demi sedikit karena apa yang kita baca akan memcerminkan pemikiran kita dalam menindaklanjuti sebuah persoalan. Membacalah agar wawasan kita terus berkembang dan derajat kita ditinggikan oleh Allah swt.


2 komentar:

  1. jadi ingat buku pintar di tahun 1990-2000an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ... Wah, Mbak masih tahu Buku Pintar, ya? Kalau ga salah Buku Pintar ga terlalu panjang pembahasannya, ya, Mbak. ☺

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berikan pendapatmu disini ya ^^

JNE di Hati, JNE Dinanti

  Bermain balok "Senang banget Ummi melihat kalian seperti ini, bekerja dan bermain bersama dengan penuh canda tawa. Rumah jadi tenang,...