Navigasi

Blogspedia Coaching; Ngeblog dari Dasar Tanpa Menyesal

Logo Blogspedia



Sejak bulan Juli 2023 Blogspedia Coaching dimulai. Dari sejak awal sampai hari ini hanya 31 orang yang masih bertahan. Masya Allah saya termasuk dari orang-orang yang beruntung itu. Eh, teman-teman tahu kan apa itu Blogspedia Coaching?    

Blogspedia Coaching adalah kelas belajar ngeblog gratis yang disponsori oleh Blogspedia. Blogspedia ini diketuai oleh mbak
Marita Ningtyas
.Blogspedia ini memiliki jasa pembuatan toko online murah meriah, jasa install template blog personal, dan jasa penulisan artikel (paket hemat) Nah, seperti namanya, Blogspedia ini mengajak teman-teman pemula atau yang masih ragu untuk belajar ngeblog atau mengutak-atik blognya agar menjadi blogger pemula


Dengan memiliki keinginan membantu para blogger, mbak Marita mengatakan bahwa "Masih jarang di luar sana tutorial blogging yang disusun dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami oleh para pemula, khususnya para emak yang rada-rada mumet kalau baca bahasa-bahasa teknis. "  Blogpedia ingin menyentuh para newbies untuk memahami tutorial dan langsung mempraktekkannya.


Materi Blogspedia Coaching

Jasa content writing


Serius nih teman-teman, sebelum ikut Blogspedia Coaching, saya memang sudah punya blog, tetapi ya gitu deh. Blog yang saya miliki hanya sebatas blog pribadi dan tidak memiliki embel-embel laian. TDL pun apalagi, enggak ngerti saya. Nah, sewaktu ada challenge 15 hari menulis blog, saya tertantang banget sebab hadiahnya yang bikin ngiler. Udah kayak makanan aja, ya.


Yup, di Blogspedia Coaching ini para pesertanya diberi makan dan dirawat dengan baik loh. Kayak seorang ibu merawat anaknya mbak Marita merawat kami untuk terus bertumbuh bahkan berkembang meskipun saya termasuk siswa yang sangat minim teknik ngeblog. Di sana kami diberikan materi yang super duper asli bermanfaat.


Awalnya sih kita diminta menulis-menulis-dan menulis. Namun, setelah beberapa kali melakukan posting artikel, beberapa peserta ada yang gugur dan akhirnya kita membuat blog yang tadi belum ber-TDL menjadi ber-TDL. Blog saya pun terasa lebih keren dengan embel-embel web.id

pembelajaran terus berlansung selama lebih kurang 4 bulan. Dalam satu minggu kami harus bisa menulis artikel dengan 800 kata tiap tartikel yang terbit. Kebayang enggak betapa banyaknya kata-kata yang harus dituliskan dalam blog ini. Apalagi bila hari itu kesibukan menumpuk. Ih, 800 kata itu bagai suatu bom yang membuat hati dag-dig-dug. Benar loh, bila batas waktu habis, setiap peserta bisa saja ditendang dari kelas. Takut enggak tuh. Asli deh, aku sendiri takut hingga berusaha untuk menyelesaikan tugas dengan tepat waktu.


Selain batasan kata, para peserta diminta blogwalking antar sesama blogger. Ini bermaksud agar terciptanya semnagat atau menularkan semangat dari dan untuk sesama blogger. Saya pun merasa tersulut semangat saat teman-teman berkunjung ke rumah saya meskipun rumah saya tidak seapik rumah-rumah mereka.

jasa template


Rasa senang kembali hadir saat materi mempercantik blog. Wajar dong kalau peserta ingin mempercantik blognya. Saya mencoba melakukan yang saya bisa, yaitu mengganti template. Namun, sampai sekarang pun saya belum bisa mengganti template seperti yang teman-teman peserta lain lakukan. Entahlah, saya coba masuk ke penyedia template pihak ketiga, tetapi selalu gagal. Akhirnya saya putuskan untuk fokus ke menulis dulu saja. Nanti jika ada waktu, maka saya akan mencobanya kembali.


Posting Beragam Jenis Artikel

Artikel adalah tugas yang selalu diberikan oleh coach Marita. Saya pikir bener sih karena kekuatan seorang blogger adalah pada tulisan. Meskipun tidak dibantah bahwa ilustrasi pun memiliki andil. Jadi, dari sini kami peserta belajar mengenal macam-macam artikel.


Dalam batas waktu 2 hari kami diminta untuk mengasilkan 1 artikel. Artikel selanjutnya dibuat setelah pemaparan materi. Deadlinenya pun hanya 2 hari. Ngeri banget. Apalagi saat satu persatu teman di kick karena tidak mengumpulkan tugas. 

Saya kadang merasa sering kewalahan di hari Sabtu pengumpulan terakhir. Sebab waktu di hari Sabtu itu terasa sangat cepat. Kegiatan bergsnti secara cepat. kalau sudah seperti itu, saya ingin sekali minta izin mengumpul dengan menambah waktu. Namun, diri saya berkata,'Jangan seperti itu. Tantang dirimu dan jangan lengah sedikit pun'. Alhamdulillah meskipun di akhir deadline, saya tetap bisa memposting tulisan.


Manfaat Blogspedia Coaching

Peserta lain pasti setuju kalau saya katakan bahwa Bligspedia ini sungguh memberikan manfaat yang luar biasa bagi pemula seperti saya. Bahkan saya bersyukur kalau Blogspedia Coaching ini memberikan manfaat seperti berikut ini.

Dari tangan coach-coach yang ada, saya belajar bahwa belajar itu perlu untuk memahami sesuatu apalagi yang dipahami ini adalah hal yang tidak pernah kita pelajari sebelumnya. Para coach yang melengkapi ini pun membantu memberikan wawasan pada materi yang kadang sulit untuk dimengerti.

  1. Melalui Blogspedia Coaching, bertambahlah pertemanan sesama blogger. Saya sangat senang saat para peserta berbagi ilmu ketika saya tidak memahami akan suatu hal.  
  2. Blogspedia coaching ini memberikan pengetahuan yang menurutku sangat banyak. Sankin banyaknya, saya harus memilah.
  3. Blogspedia mampu membangun relasi yang baik dan memberikan informasi yang baik untuk para peserta.

Dilihat dari materi yang diberikan Blosgpedia coaching memang memudahkan para pemula untuk mengotak-atik blognya. Lihatlah saya, meskipun saya masih ada PR mengotak-atik template blog, saya tetap saja percaya diri bahwa suatu saat saya akan berhasil.

Nah, teman-teman bagaimana udah terasa belum aura kelulusan Blogspedia coaching 3 ini? Ini adalah tugas terakhir dan setelah ini kami akan dinyatakan lulus atau tidak. Bila tidak, berarti harus ikut ke batch berikutnya. Buat teman-teman yang mau ikut coaching gratis seperti saya, kalian bisa  sangat bisa bergabung pada Blogspedia Coaching batch berikutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berikan pendapatmu disini ya ^^

JNE di Hati, JNE Dinanti

  Bermain balok "Senang banget Ummi melihat kalian seperti ini, bekerja dan bermain bersama dengan penuh canda tawa. Rumah jadi tenang,...